#Tech news

Gelar Peningkatan Kapasitas SDM Satpol PP dan Satlinmas Dalam Rangka Menghadapi Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024It now attracts over one million ever visitors each and every day.

Palu, Sulawesi Tengah. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Sulawesi Tengah gelar Peningkatan Kapasitas SDM Satpol PP dan Satlinmas Dalam Rangka Menghadapi Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024. Bertempat di resto kampung nelayan. Rabu, 23/08/2023

Tujuan Kegiatan ini adalah Dalam Rangka Mewujudkan Satpol PP dan Satlinmas yang Profesional Dalam Mensukseskan Penyelanggara Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024.

Pada kesempatan ini Kasat Pol PP Provinsi Sulawesi Tengah Mohammad Nizam membuka acara kegiatan tersebut dengan resmi, selanjutnya memberikan ucapan terima kasih pada seluruh hadirin, Kasi Trantib Kec. wilayah Pasigala (Palu, Sigi dan Donggala) yang sempat hadir saya ucpakan terima kasih atas atensinya dan tidak lupa pada panitia penyelenggara dan rekan” para media yang sempat hadir pada hari ini.

Turut Hadir dalam kegiatan ini Kasat Pol PP Provinsi Sulawesi Tengah beserta jajaran Satpol PP Prov. Sulteng, Ketua KPU Prov. Sulteng Dr. Risvirenol serta Rasyidi Bakry, SH. LL.M Selaku anggota Bawaslu Sulteng Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa, dan Kasi Trantib Kec. Seluruh Wilayah Palu, Sigi Dan Donggala (Pasigala).

Satuan Pelindungan Masyarakat atau yang disebut Satlinmas adalah segenap upaya dan kegiatan yang dilakukan dalam rangka melindungi masyarakat dari gangguan yang diakibatkan oleh bencana serta upaya untuk melaksanakan tugas membantu penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, membantu memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, membantu memihara ketenteraman dan ketertiban pada saat pemilihan kepala desa, pemilihan kepala daerah, dan pemilihan umum serta membantu upaya pertahanan negara. Bekerja suka rela dan di bentuk dengan beranggotakan aparatur linmas dan satlinmas yang dipilih secara selektif dan ditetapkan oleh keputusan gubernur dan bupati/walikota yang berada di satpol pp provinsi, kabupaten/kota, serta kecamatan dengan tugas membantu penyelenggaraan linmas di daerah.

“Data terakhir Anggota Linmas kurang lebih 15.000 Se – Sulawesi Tengah. Dari jumlah 15.000 Anggota Satlinmas yang sekarang, mungkin akan bertambah karena setiap tahun nya jumlah penduduk di Sulawesi Tengah kian bertambah serta jumlah TPS pun bertambah di tiap Kab/Kota”. Ucap Nizam.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009 tentang penugasan satuan perlindungan masyarakat dalam penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan pemilihan umum serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta pelindungan masyarakat sebagaiamana dalam pasal 10 (ayat 2) kepala satgas linmaas untuk provinsi dan kabupaten kota dijabat oleh pejabat yang membidangi linmas dan untuk kecamatan dijabat oleh kepala seksi ketenteraman dan ketertiban. Berdasarkan undang – undang tersebut maka kepala satgas linmas provinsi dan kabupaten/kota dijabat oleh kabid linmas dan kepala satgas linmas kecamatan dijabat oleh kasi trantib kecamatan.

Pada tahun 2024 kita akan melaksanakan agenda nasional yaitu pesta demokrasi memilih presiden/wakil presiden, anggota dpr/mpr ri/ dpd/ kepala daerah/wakil kepala daerah dan anggota dprd provinsi dan kab/kota secara serentak di indonesia. dalam menghadapi moment hajatan yang besar ini, mari kita mempersiapkan anggota satlinmas yang profesional dan trampil sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan, ketertiban dan ketenteraman
masyarakat di TPS-TPS.

Di akhir penyampaiannya Mohammad Nizam mengapresiasi positif kegiatan ini dan mengharapkan kepada sdr(i) untuk mengikutinya dengan sungguh-sungguh sehingga pengetahuan yang diperoleh pada kegiatan ini dapat diaplikasikan di tengah-tengah masyarakat guna kesiapan kesiapsiagaan anggota satlinmas baik mental maupun kesiapan fisik, utamanya profesionalisme melalui pola pikir, pola sikap dan pola tindak dalam penanganan ketertiban, ketenteraman dan perlindungan masyarakat dalam menghadapi pemilu serentak tahun 2024, dengan senantiasa memantapkan semangat pengabdian terhadap masyarakat.

Sumber Reales/Foto : Humas PPID Satpol PP Prov Sulteng

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *