#Lifestyle

Kesiapsiagaan Satlinmas Dalam Mensukseskan Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024

Palu – Satpolpp.sultengprov.go.id/ – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Sulawesi Tengah gelar Workshop Peran Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024 dengan mengusung tema “Kesiapsiagaan Satlinmas Dalam Mensukseskan Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024”. Bertempat di Citra Mulia Hotel. Selasa(20/06/2023).

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiap siagaan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) sebagai komponen terdepan penyelenggaraan trantibumlinmas sesuai pimpinan daerah, mengoptimalkan peran serta satlinmas dalam penyelenggaraan trantibumlinmas serta penyelenggaraan pemilihan umum dan pemilihan serentak tahun 2024.

Hal ini juga sesuai dengan Permendagri No. 10 tahun 2009 dan Permendagri No. 26 tahun 2020, dengan harapan dapat meningkatkan kapasitas peserta dalam menjaga keamanan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024. Workshop ini menghadirkan peserta sebanyak 50 orang yang berasal dari Kabupaten/Kota Se Sulawesi Tengah.

Dalam sambutan Kepala Satopol PP Provinsi Sulawesi Tengah sekaligus membuka kegiatan secara resmi, Muhammad Nizam mengatakan, satlinmas atau yang dulu dikenal dengan sebutan Hansip (Pertahanan Sipil) adalah organisasi pada tingkat desa dan/atau kelurahan atas bentukan kepala desa/lurah yang beranggotalan dari unsur masyaraka.

Satlinmas atau hansip ini dibekali kemampuan untuk membantu penanganan bencana, membantu memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban umum, membantu kegiatan sosial masyarakat, membantu memelihara ketentraman dan ketertiban pada saat pesta demokrasi pemilihan kepala desa, pemilihan kepala daerah dan pemilihan umum serta membantu upaya pertahanan keamanan negara.

Sejarah panjang terbentuknya linmas dari rasa nasionalisme unsur masyarakat yang secara sukarela membantu untuk merebut serta mempertahankan Kemerdekaan RI, sangat bertolak belakang dengan stigma masyarakat saat ini yang mempersepsikan eksistensi satlinmas tidak terlepas dari acara hajatan dan pelengkap acara parodi.

“Saat ini linmas atau hansip itu hanya menjalankan tugas sebagai pengaman TPS atapun melakukan pengaman pada acara hajatan, namun tidak dimanfaatkan pada saat terjadi kebencanaan dan ini harus benar-benar diberi pemahaman” pungkas Nizam.

Nizam juga mengatakan, satlinmas juga perlu mendapatkan pembekalan terkait IT. Hal ini berkaitan dengan banyaknya hoaks yang bermunculan di media sosial. Dengan pembekalan IT ini lah diharapkan agar satlinmas dapat terhindar dari hoaks tersebut.

Menjelang pesta demokrasi pemilihan Presiden/Papres, anggota DPR/MPR RI/DPD/Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah dan Anggota DPRD Provinsi dan Kab/Kota secara serentak di Indonesia, Kasatpol PP Sulteng mengarahkan untuk bersama-sama dalam mempersiapkan anggota satlinmas yang profesional dan terampil sebagai garda terdepan dalam menjaga kemanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat di TPS.

Turut hadir: Kepala Satpol PP Kab/kota Se – Sulawesi Tengah, Kapolda Sulteng, KPU Provinsi Sulawesi Tengah, Sekretaris dan para kepala bidang satpol pp Prov. Sulteng.

Sumber: Kominfo Santik Selaku Humas Pemprov. Sulteng

Foto: PPID Salpol PP Prov. Sulteng

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *