Luwuk – Gubernur Sulawesi Tengah yang di wakili Wakil Gubernur Sulawesi Tengah H. Ma’mun Amir, bertindak sebagai Inspektur Upacara Gelar Pasukan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-74 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-62 dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Ke-105 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2024 di Lapangan Halimun Kabupaten Banggai, Pada Kamis, (16/5/2024).

Wagub Ma’mun Amir mengawali sambutannya menyampaikan permohonan maaf Bapak Gubernur semula beliau yang memimpin upacara karna tugas penting maka diwakilkan kepada saya, “Ucapnya.

Upacara gelar pasukan peringatan HUT Satuan Polisi Pamong Praja, Satuan Perlindungan Masyarakat dan Pemadam Kebakaran, Ketiga peringatan ini merupakan wujud dari apresiasi dan penghargaan atas jasa-jasa para Abdi Negara, Abdi Masyarakat dan Abdi Pemerintah yang telah bekerja keras dan rela mengorbankan dirinya untuk menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat serta melindungi kita dari berbagai bahaya dan bencana.

Peringatan hari ulang tahun ketiga lembaga ini bertujuan untuk mengingatkan kita akan dedikasi dan pengabdian para aparatur Satpol PP, Satlinmas dan Damkar, serta bagaimana kita mengukuhkan komitmen untuk terus mendukung dan memperkuat lembaga- lembaga ini dalam menjalankan tugas mulia supaya berjalan dengan profesional dan maksimal.

Apalagi gangguan keamanan dan ketertiban serta bencana tidak pernah mengenal waktu istirahat dan hari libur, karena ia bisa datang kapan saja dan di mana saja tanpa memberitahu lebih dulu.

Ia berharap kepada para personil dari ketiga satuan ini harus disiplin, fokus, ikhlas dan cekatan agar selalu siap bertindak dalam situasi-situasi darurat yang memerlukan kehadiran personil Satpol PP, Linmas maupun Damkar.

Wagub Ma’mun Amir, mengajak semua stakeholder terkait untuk senantiasa menghargai dan mendukung upaya-upaya yang dilakukan oleh satuan polisi pamong praja, satuan perlindungan masyarakat, dan pemadam kebakaran untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat serta dalam mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran, mari jadikan peringatan ini sebagai momentum dalam meningkatkan koordinasi, pengabdian dan sinergitas diantara kita semua guna menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, tentram dan sejahtera bagi masyarakat Sulawesi Tengah.

Selanjutnya ia menegaskan untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak di Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah yang di laksanakan tanggal, 27 November 2024, diharapkan semoga Satpol PP dan Satlinmas dapat lebih siap dan tanggap menghadapi tantangan yang mungkin ditimbulkan dari ajang kontestasi pemilihan kepala daerah, Gubernur maupun Bupati/Walikota, “Terus jalankan tugas-tugasnya secara konsisten dan profesional”.

Peringatan HUT ketiga lembaga ini diharapkan mampu melakukan deteksi dini dan cegah potensi gangguan ketenteraman dan ketertiban umum, serta bekerja sama, bersinergi dengan TNI/Polri.

Sementara itu kepada jajaran pemadam kebakaran dan penyelamatan, saya mengingatkan agar menempatkan aspek pencegahan dalam penanggulangan kebakaran sebagai prioritas pertama,“Salam Praja Wibawa” dan “Salam Yudha Brama Jaya!” “Pantang Pulang Sebelum Padam”.

Upacara Gelar Pasukan Peringatan HUT Satuan Polisi Pamong Praja Ke-74, Satuan Perlindungan Masyarakat Ke-62 dan Pemadam Kebakaran Ke-105 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di awali defile pasukan upacara masing-masing Kabupaten/Kota se-Sulteng, pembacaan sejarah singkat Sat Pol PP, Satlinmas, dan Damkar, Pengucapan Panca Wira Satya Pol PP, Trisatya Samapta Bhakti dan Sumpah Janji Linmas.

Serta penyerahan piagam penghargaan kepada para Kasat, dan penyerahan piagam penghargaan kepada tuan rumah pelaksanaan skill comptition tahun 2024 di Kabupaten Banggai, serta penyerahan bantuan baju linmas dari Kasat Pol.PP Sulteng kepada para Kasat Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah.

Pada kesempatan itu Wagub Ma’mun Amir menyerahkan Bendera Pataka kepada tuan rumah penyelenggara HUT Satpol PP Satlinmas dan Damkar Tahun 2025 kepada Pj. Bupati Parigi Moutong Richard Arnaldo Djanggola, SE, M.S.A.

Dilanjutkan Penyerahan piagam penghargaan atas dedikasi serta partisipasi menjaga ketentraman ketertiban umum dan perlindungan masyarakat dalam mendukung suksesnya Pemilu Tahun 2024, penyerahan piagam penghargaan kepada kepala dinas damkar Kabupaten Banggai sebagai tuan rumah penyelenggara skill competition petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2024.

Dan penyerahan hadiah lomba Fire Fighter Skill Kompetisi masing- masing kategori Lomba Hose Laying dan Survival, juara 3 Kabupaten Banggai Kepulauan, juara 2 Kabupaten Tojo Una-una, Juara 1, Kabupaten Banggai dan Kategori Lomba Ladder Pitching, juara 3 Kabupaten Banggai, Juara 2 Kabupaten Morowali Utara, Juara 1 Kabupaten Parigi Moutong. dan untuk juara umum diraih Kabupaten Banggai.

Turut hadir Bupati Banggai; Bupati Parigi Moutong; Bupati Morowali Utara Walikota Palu; Bupati Tojo Una-una (diwakili), Ketua DPRD Kabupaten Banggai; Forkopimda Kabupaten Banggai, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi, Kabupaten/Kota, Para Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan se-Provinsi Sulawesi Tengah, Para stakeholder dan mitra kerja, Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sulteng.