Palu – Kasat Pol PP Provinsi Sulawesi Tengah Muhammad Nizam mendampingi Gubernur Sulawesi Tengah dalam rangka kunjungan kerja Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura ke Desa Sambo dan Balongga Kec. Dolo Selatan Kab. Sigi meninjau warga yang terkena dampak banjir bandang. Jumat, (19/04/2024)

Dalam hal ini Gubernur Sulawesi Tengah menyampaikan peninjauan ini dilakukan untuk memastikan penanganan bencana banjir berjalan optimal sekaligus menyerahkan bantuan sosial bagi warga yang terdampak banjir bandang, di antaranya berupa gula pasir 200 kg, Sarden 400 klg, Teh Celup 100 kotak, Mie Instan 15 dos, Saus Sambal 50 bks, Air Mineral 20 dos serta bantuan lainya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura menginstruksikan OPD teknis pendamping untuk segera mengatasi bencana tersebut, di antaranya : menyiapkan alat berat untuk membersihkan akses jalan dan melakukan normalisasi sungai, menyiapkan hunian sementara bagi warga terdampak banjir serta mendistribusikan air bersih, serta membersihkan gorong-gorong dan pemasangan bronjong.

Selanjutnya Gubernur meminta Balai Wilayah Sungai III agar merancang pembuatan sabo dam di sungai Ombie, agar ke depan saat terjadi hujan deras tidak menimbulkan bencana yang serupa. Beliau juga menekan pentingnya edukasi kesadaran kepada masyarakat untuk menjaga dan melestarikan hutan, ia berharap bencana banjir dapat segara selesai agar masyarakat terdampak banjir bisa beraktivitas kembali dengan normal. ujar Rusdy Mastura