Poso, Sulawesi Tengah. Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Sulawesi Tengah Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Gelar Penyuluhan Pencegahan Bahaya Kebakaran Bertempat di Kab Poso Lore Barat, Balai Pertemuan Desa Rabu, 15/11/2023

Dalam Laporan Ketua Panitia bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk penguatan peran pemadam kebakaran dalam memberikan pelayanan dan perlindungan masyarakat serta melakukan pengembangan SDM bagi aparat pemerintahan dan masyarakat di Kab. Lore Barat dalam pencegahan terjadinya kebakaran dengan di bentuknya Relawan Damkar (Redkar) sebnyank 6 orang di setiap desa.

Turut hadir, Kepala desa, Anggota linmas, ibu-ibu PKK, masyarakat desa lore barat dan ibu-ibu drahma wanita.

Mengawali kegiatan, Kasat Pol PP Prov. Sulteng mengucapkan terima kasih kepada kepala desa dan masyarakat lore barat telah menyempatkan waktunya dalam menghadiri kegiatan ini.

Selanjutnya dalam sambutan Kasat Pol PP Prov. Sulteng sekaligus membuka kegiatan secara resmi, menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini saya berharap kepada seluruh peserta sosialisasi dapat memahami baik secara teknis maupun secara prakteknya dalam mengatasi dan mencegah bila terjadi kebakaran di lingkungan kita masing-masing.

Pada kesempatan yang sama Nizam menjelaskan agenda kita hari ini adalah memaksimalkan tugas dan tanggung jawab kita dalam penanggulangan kebakaran dan urusan Ketentraman dan Ketertiban Umum bagi masyarakat kita, hal ini sangat penting karena dimana kejadian kebakaran tidak bisa di prediksi kapan terjadi apalagi di lore barat ini sangat rawan akan hal terjadinya kebakaran hutan. Inilah tujuan kita sehingga melaksanakan penyuluhan/sosialisasi kepada masyarakat di Kab. Lore Barat.

Di akhir penyampaiannya Mohammad Nizam mengatakan melalu kegiatan ini saya selaku Kasat Pol PP Provinsi Sulawesi Tengah sangat mengapresiasi sosialisasi ini karena di nilai salah satu upaya dan bentuk tanggung jawab Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah untuk melaksanakan tugas dan fungsinya untuk melindungi masyarakat dari berbagai kejadian dan bahaya bencana kebakaran dan non kebakaran. Dan sebagai bentuk tindak lanjut Gubernur Sulawesi Tengah dalam pencenangan 1000 Megalith di Kab. Poso pekan lalu, dimana Gubernur menghimbau seluruh OPD Provinsi maupun Kabupaten agar menindak lanjuti dengan berbagai kegiatan” nya di Kab. Poso khusus nya di wilayah patung megalith di lore barat.

“Saya menghimbau kepada semua yang hadir dalam sosialisasi ini untuk lebih pro aktif, agresif, bekerja secara profesional, inovatif dan implementatif dalam pelaksanaan kegiatan ini.” Ujar nizam.

Sumber Reales/Foto : Humas PPID Satpol PP Prov Sulteng